Friday, February 12, 2010

singgahQ di WARUNG KOPI MAKASSAR

Kini, Makassar Terjaga 24 Jam

JIKA Anda kehabisan bahan bakar saat berkendara dini hari, atau mencari rokok atau makanan kecil, atau ingin menikmati secangkir kopi untuk mengusir kantuk, tak perlu risau. Kini banyak tempat-tempat di mana kebutuhan bisa didapatkan selama 24 jam.
Dalam beberapa tahun terakhir, Makassar telah bergeliat begitu pesat. Dari kota yang sudah tidur sejak hari beranjak malam menjadi kota yang sama sekali tidak pernah tidur. Berbagai tempat kebutuhan dan layanan publik siap memberikan layanan selama 24 jam.
Saat warga kota merasa lapar di tengah perjalanan, banyak warung coto yang buka hingga subuh. Tanpa perlu repot, masuk saja dan pesan semangkuk, lalu nikmati. Di tempat lain, ada gerai swalayan yang yang juga buka 24 jam.
Adalah gerai swalayan Trolley yang buka nonstop. Di gerai-gerai Trolley yang hampir tersebar di jalan-jalan strategis di Kota Makassar, berbagai kebutuhan bisa didapatkan. Sampai kebutuhan kecil seperti rokok dan makanan kecil yang jika malam hari sangat sulit didapatkan.
Warung-warung kopi jangan ditanya. Hampir seluruh warung kopi di Makassar buka selama 24 jam. Bukan hanya kopi dan makanan ringan yang disediakan, pengelola warung kopi bahkan menyediakan akses internet nirkabel (hotspot) gratis.
Kota besar di mana-mana selalu saja terjaga 24 jam. Masyarakat metropolitan yang dinamis terdiversifikasi sedemikian rupa sehingga seolah warga kota tidak pernah tidur. Para pengelola warung kopi, warung makanan, dan swalayan tahu bahwa Makassar koni terjaga 24 jam.(jid)
Dini Hari, Politisi di Warung Kopi
PEMILU bukan hanya bisa membuat kota kotor. Di sisi lain, pemilu membawa berkah untuk banyak orang. Percetakan, jasa sablon, penjual pulsa, tak ketinggalan juga bagi pengelola warung kopi. Warung kopi menjadi tempat ngobrolnya politisi. Apalagi yang buka 24 jam.
Warung kopi tersebar hampir di sepanjang jalan strategis di Makassar, dari yang sederhana sampai yang berkelas. Warung kopi juga biasa digunakan oleh mahasiswa sebagai ajang diskusi, tempat rapat, tempat bazar, atau sekadar memanfaatkan hotspot yang disedikan pengelola.
Seorang penjaga warung kopi yang mangkal di depan pintu 1 Unhas, Andi Irfan Efendi kepada Tribun, Jumat (3/4) mengaratakan, terkadang para politisi ini datang melakukan sosialissai partai atau hanya sekadar petemuan-pertemuan kecil dengan para tim suksesnya.
Irfan bekerja di Warung Kopi Visioner. Berada dikawasan kampus, tepatnya di depan kampus Universitas Hasanuddin, Jl Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea, Makassar. Sehingga warkop ini menjadi sangat strategis sebagai tempat diskusi di luar perkuliahan.
"Banyak caleg (calon legeslatif)  yang datang melakukan sosialisasi, mereka biasanya datang bersama tim suksesnya. Paling ramai jika tengah-tengah malam, yakni antara pukul 20.00 hingga subuh," ujar mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang ini.
Hal senanda juga dikatakan oleh Pemilik Cafe Ugi'e, Sahril MM. Warkop yang terletak di antara Kampus STMIK Dipanegara dan Kampus Unhas ini juga kebanjiran pengunjung. Mulai dari kalangan mahasiswa, bisnisman, pegawai, polisi, tentara, hingga politisi.
"Mereka banyak yang datang, mulai dari menyosialisaikan, hingga rapat-rapat kecil dengan tim suksesnya. Bukan hanya pada pemilu ini, dulu juga waktu pemilihan wali kota, dan juga waktu pemilihan gubernur," ujar alumnus Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini.(cr2)
Pulang Clubbing, Singgah Makan Coto
WARGA Makassar siapa yang tidak kenal Coto Makassar. Makanan khas ini tidak mau tahu waktu. Pagi, siang, sore, bahkan dini hari selalu saja tersedia. Penikmatnya selalu saja banyak. Bahkan ada komunitas tertentu yang langganan menikmatinya.
Di Makassar ini banyak warung coto yang membuka layanan 24 jam. Sebut saja Warung Coto Gagak di Jl atau Warung Coto Daeng. Di sudut-sudut Kota Makassar, tidak terhitung berapa  banyak warung coto yang buka 24 jam.
Ketersediaan warung coto Makassar 24 jam ini adalah salah satu cara untuk menjawab keinginan masayarakat Makassar yang ingin menikmati coto Makassar setiap saat. Namun di sisi lain menunjukkan, bahwa Makassar tidak pernah tidur selama 24 jam.
Untuk memberikan nama yang cocok bagi bagi warung yang buka 24 jam, pemilik biasanya menambah kata-kata coto "bagadang" atau coto yang siap menemani waktu begadang warga kota Makassar.
Siapa komunitas yang selalu singgah di warung coto. Seorang penjaga Warung Coto Daeng di Jl Sultan Alauddin mengatakan, biasanya yang datang adalah para clubbers yang merasa lapar sepulang dari tempat hiburan malam.
Akibat aktivitasnya yang tiada henti itu, omzet warung coto terhitung besar. Meski tak menyebut total penghasilannya, si penjaga itu mengatakan, pendapatanwarungnya jauh lebih besar ketimbang hanya buka siang hari. Bahkan pembeli di malam hari lebih banyak.
Hanya saja, ada anjuran agar jangan terlalu banyak makan coto malam hari. Apalagi isinya jeroan seperti jantung, hati, limfa, dan usus yang mengandung kolesterol sangat tinggi. Ingin melihat salah satu denyut 24 jam Kota Makassar, singgahlah makan coto.(jid)
ulasan

Jangan Bebani Usus
SAAT malam, sebaiknya tubuh tidak diasupi dengan makanan yang berat-berat. Sebab, hal ini sama saja memberikan pekerjaan kembali bagi tubuh yang seharusnya sudah beristirahat.
Makanan berat seperti coto Makassar hanya akan menambah beban bagi usus yang harus beristirahat. Makanan ini pun harus dihindari bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kolesterol dan hipertensi.
Setiap hari begadang sambil menyantap makanan seperti ini pun bagi mereka yang belum memiliki keluhan kolesterol atau hipertensi harus waspada. Sebab, dengan rutin mengonsumsi dan tidak melakukan kontrol asupan maka risiko kolesterol tinggi dan hipertensi bisa saja terjadi.
Untuk itu, jika memang ingin makan saat tengah-tengah malam, sebaiknya makan makanan yang ringan-ringan saja. Contohnya ubi rebus dan pisang goreng.
Makanan seperti ini tidak menyiksa tubuh untuk bekerja seperti saat beraktivitas di siang hari. Waktu di malam hari adalah waktu yang digunakan untuk beristirahat, memulihkan sel-sel tubuh yang telah seharian digunakan untuk beraktivitas.(cr1)

Prof Dr Nurpudji A Taslim, Spesialis Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin
Tips Begadang Sehat
Begadang atau tidak tidur malam pada dasarnya tidak dianjurkan. Sebab, secara metabolis manusia membutuhkan tidur saat malam. Namun jika terpaksa begadang, perhatikan tips ini agar tetap bugar.
- Konsumsi suplemen vitamin C atau multivitamin. Tujuannya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
- Makan cukup sebelum dan pada saat bekerja lembur. Kalau lagi diet nih . sebaiknya dihentikan dulu, sebab kerja ekstra memerlukan tenaga tambahan yang bisa didapat dari nutrisi makanan.
- Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, agar asupan serat tercukupi.
- Minum air putih atau teh sebagai pengganti kopi. Hindari minum susu soda pada saat mengerjakan tugas malam, sebab susu meningkatkan asam amino yang dapat menimbulkan kantuk.
- Cobalah tidur sebentar sebelum begadang. Istirahat sejenak bisa membuat stamina tetap terjaga.
- Lakukan olahsaga secara teratur untuk menjaga kebugaran. Tidak harus jenis olahraga tertentu, yang penting bergerak secara aktif, seperti jalan kaki dan naik tangga.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "singgahQ di WARUNG KOPI MAKASSAR"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar kamu Yach ...

Related Posts with Thumbnails